Thursday, September 17, 2015

Fruktosa buah bagi Diabetes


Ini copas thread ttg fruktosa yang disalahkan... baca bagian komentar banyak diskusi disana...

https://mobile.facebook.com/groups/466855680080631?view=permalink&id=666470340119163&ref=bookmarks

Bacanya perlahan kalo ga ntar puyeng...

Sukrosa memang terdiri dari satu molekul fruktosa dan satu molekul glukosa. Mari telaah ya....biar ga bingung, biar semakin mematuhi juklak yang ada di food combining.

Kebanyakan masukan fruktosa ke dalam tubuh kita, manusia jaman modern, berasal dari gula pasir dan makanan makanan olahan lainnya. Masuknya fruktosa dalam tubuh di jaman modern ini adalah dalm bentuk murninya, contoh pemanis makanan dari corn syrup. Corn syrup merupakan sumber fruktosa murni yang diindustrikan, diproduksi dalam jumlah banyak untuk kebutuhan pemanis secara komersil. Pendek kata kebanyakan fruktosa yg dikonsumsi sehari hari kalau tidak berasal dari gula pasir maka berasal dari fruktosa murni dalam bentuk kue, biskuit, soft drink, sirup dll dll. Tingkat kemanisan fruktosa ini memang paling tinggi diantara gula lain, tingkatny adalah fruktosa, sukrosa, glukosa dan laktosa. Jadi apabila digunakan dalam bentuk murni, sangat banyak fruktosa yang dimasukkan dalam bahan makanan untuk pemanisnya. Ini yang memicu banyaknya konsumsi fruktosa dalam tubuh manusia.

Sukrosa sblm diserap dipecah mjd fruktosa dan glukosa oleh enzym sucrose. Penyerapan kedua monosakarida tsb sangat efisien atau hampir seluruhnya terserap oleh usus halus. Setelah diserap kmdian fruktosa dan glukosa dihantar ke hati untuk proses selanjutnya. Berbeda dgn glukosa, fruktosa hanya mengalami metabolisme yang berarti di sel hati dan sel sperma karena kedua sel tsb yang memiliki aktifitas enzym fruktokinase.

Fruktosa yang terlalu tinggi dalam darah bisa menyebabkan glikasi yaiyu proses bereaksinya fruktosa dan glukosa dalam jaringan tubuh yang bisa menyebabkan diabetes. Fruktosa terlalu tinggi juga memicu proses pembentukan lemak di hati yang akan dikeluarkan ke peredaran darah shg menyebabkan lemak darah atau trigliserida meningkat.

Fruktosa, insulin dan glukosa bisa memicu aktivitas glukokinase yang spesifik sebagai enzym untuk memetabolisme glukosa. Bisa dilihat disini bahwa fruktosa memicu aktivitas enzym glukokinase walaupun dia tidak membutuhkannya untuk metabolismenya. Ada ahli yang berpendapat bahwa sebenarnya fruktosa sebagai signal untuk memicu metabolisme glukosa. Tubuh manusia secara alami mmg telah disiapkan untuk konsumsi karbohidrat utamanya glukosa sbg energi utama dan untuk itu diperlukan mekanisme tertentu oleh alam untuk memfasilitasi kecenderungan tsb. Mekanisme tsb adalah sebagian besar makanan alamiah kita yang berasal dari tumbuhan mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber glukosa sedangkan sumber fruktosanya hanya sedikit dan hanya digunakan untuk membantu mencerna glukosa.

Kondisi alamiah ini memungkinkan kombinasi komplementer antar bahan makanan alamiah yang berguna untuk metabolisme secara keseluruhan. Ambil contoh sederhana, apel hanya mengandung fruktosa sedikit saja, sedangkan nasi sbg bahan pokok makanan orang Indonesia tnyta kandungan glukosanya sangat banyak.

Dari sini kita bs memahami bahwa yang memicu diabetes dan penyakit degeneratif lainnya bukanlah makanan alami, tapi lebih ke makanan olahan yang gulanya saja menggunakan fruktosa murni, bukan gula yang seharusnya ada dalam makanan dan bukan gula yang seharusnya dibutuhkan tubuh. Allah sudah menciptakan semuanya dalam satu keharmonisan di alam yaitu sumber glukosa banyak dan sumber fruktosa sedikit, tapi manusianya saja yang mendekorasi ulang semuanya shg menjadi terbalik komposisinya atau mjd tidak seimbang komposisinya yaitu glukosa san fruktosa sama sama banyak.

Dari sini juga kita mjd semakin paham mengapa saat sarapan, yang utama adalah buah full, tidak  mencampur dengan bahan lain agar kandungan fruktosanya hanya berasal dari buah saja ynag komposisinya sangat sedikit dari alam, shg tidak mengganggu keseimbangan kadar gula dalam tubuh.

Dari sini juga, bisa kita lihat bahwa minum perasaan jeniper saat setelah bangun tidur adalah sangat penting, selain untuk mendetoks hati juga utk mempersiapkan hati agar bs berfungsi secafa maksimal, diantaranya utk sempurna memetabolisme fruktosa.

Indah apabila kita memamahami bagaimana Allah sudah mendesain tubuh kita sedemikian rupa agar tetap harmonis dengan alam. Kitanya saja yang selalu merasa kurang dan kurang shg banyak berkreasi merubah komposisi yang harmonis tersebut. 10 cm di lidah ternyata mampu membuat 10m usus menderita

No comments:

Post a Comment