Friday, May 8, 2015

Osteoporosis bukan karena kekurangan kalsium .....

....Tapi krn kelebihan kalsium....

Jakarta, 9may2015
Berangkat dr plantar fastitis yg menyebabkan immobilitas badan gw seminggu ini...hiks...
Kembali belajar dan mengumpulkan puzzle yg tercecer...
Dari berbagai sumber yg mostly bilang penyebabnya krn overweight, runner atau aktifitas fisik yg kurang mensupport otot kaki....
Hmmm gw ga overweight bukan runner pula...hanya emak2 yg suka jalan cepet dan pke flatshoes...
*memandangnanarflatshoesunyuk2gw
Masuk akal...

Tapi ada puzzle yg tercecer...dr dokter sempet mention  imbalance hormone tanpa penjelasan apa2..sampai suhu gw @erikarlebang bilang dg singkat tapi makjleg.. osteoporosis....
Daaang...! what? Osteoporosis? Di umur gw? Dan gw udh foodcombining sekian lama tetep kena osteoporosis? How can that be possible? (Sotoy nya gw panik attack tanpa mikir apa itu sbenernya osteoporosis)
Ya lifestyle lama loe...kencengin lagi fc....dia cuma bilang begitu. Titik.
Dasar gw ya...ga bisa diem otak mikirin...haus bacaan...beginilah sekelumit penjelasannya dg bahasa gw tentunya...mohon dikoreksi hihihi.... *tetepsambilelus2kaki

Osteoporosis bukan ttg tulang yg kuat
Osteoporosis itu penurunan regenerasi tulang

Hati2...
Osteoporisis itu hip fraktur...pengeroposan...
Kalsium yg diperlukan tubuh tdk sebanyak yg kita kira dan kita konsumsi sehari2.. (hanya 200mg per hari max)
*soapakabardgsuplemenyg1000mgcalcium?

Kelebihan kalsium inilah yg menyebabkan pengeroposan tulang...mau ga mau kelebihan kalsium itu hrs diproses oleh tubuh kita...untuk memproses kalsium diperlukan yg namanya osteoblast. Osteoblast ini ada di dlm tubuh kita. Semakin banyak kalsium yg harus diolah (bukan diserap) semakin banyak osteoblast yg dilepaskan tubuh. Sementara Osteoblast ini juga diperlukan untuk regenerasi tulang. Semakin berkurangnya osteoblast maka regenerasi tulang pun menurun. Sementara dlm setiap aktifitas kita sel2 tulang akan ada yg mati dan hrs diganti.
Dari sini sudah kebayang kan kerja keras tubuh mengeluarkan osteoblastnya jika konsumsi calcium sehari2 jauh melebihi kebutuhan tubuh itu sendiri. Dan apa yg akan  terjadi?
Tubuh kelelahan...osteoblast tidak tergantikan??
Kemampuang sel2 tubuh untuk regenerasi ada batasnya.  Semakin sering terpakai untuk regenerasi...semakin cepat habis dan semakin cepat pula usia tubuh kita.
Menua memang tidak bisa dihindari...hanya bisa diperlambat...jangan sampai prematur dtgnya...

Estrogen adlh hormon yg berperan penting untuk membawa asupan calsium ke tulang pun untuk mengeluarkan calsium dari tulang (jika asupan berlebih). Makanya osteoporosis banyak terjadi di perempuan krn hormon estrogen secara periodik menurun setiap bulannya...dan lama2 habis... 😕

Untuk mengeluarkan calsium dr tulang juga diperlukan osteoclast.
Jika banyak calsium yg diserap tulang...maka diperlukan osteoblast (u penyerapan) dan sekaligus osteoclast (u pembuangan). Lagi2 kebutuhan calsium tubuh tdk sebanyak asupan kita. Terkadang selain makanan sehari2 pun kita masih tambah dengan suplemen2. Ini memperberat kerja osteoblast & osteoclast.
Semakin banyak yg terpakai...semakin banyak pula yg mati. Estrogen di sini berperan dalam kelangsungan hidup osteoblast.

Memang dg mengkonsumsi kalsium yg tinggi angka BMD (Bone Mineral Density) kita juga akan tinggi. Tapi juga sekaligus menyebabkan kelelahan tulang.
Memang angka BMD yg tinggi merepresentasikan tulang yang kuat (sifatnya ementara). Namun bukan berarti merepresentasikan tulang yg sehat.
Spt layaknya bodybuilder...mrk memang punya otot yg kuat.. tapi belum tentu otot yang sehat.
Sejalan dg umur, mrk akan menghadapai serangkaian masalah2 otot. Sel2 tubuh kelelahan dan sudah habis terpakai sebelum waktunya...aka boros.

Pun hal ini berlaku untuk tulang. Di negara yg angka BMD rata2 tinggi, angka rata2 pengeroposan tulang panggul juga tinggi. Dan rata2 negara yg BMD nya tinggi itulah rata2 konsumsi susu juga tinggi.

Angka BMD yg rendah memang menujukkan rendahnya asupan kalsium. Tapi ini tdk semata2 berarti tubuh kekurangan kalsium.
Di angka BMD yg rendah tidak bisa diartikan semata2 osteoblast kelelahan atau menurun.
Karena di tulang yg keropos itulah menunjukan tdk adanya kalsium. Krn Lubang2 dlm tulang memang tidak terdapat kalsium.
Jadi angka BMD yg rendah dapat terjadi di tulang yg kuat sekaligus di tulang yg lemah. Sehingga angka BMd tdk bisa dijadikan patokan untuk tulang yg sehat.

Kesimpulannya supplemen kaslium ataupun susu memang bisa meningkatkan angka BMD dlm jangka pendek...namun efeknya akan terlihat dlm jangka panjang.

*againelus2kakisecaradarikecildicekokinsusu

Knp kalsium susu yg dituding jadi biang keroknya...krn susulah yg kita bisa konsumsi dlm jumlah banyak setiap harinya. Dan susu ini ya lagi2 mengandung calsiun tinggi .
Apa iya kita sanggup ngunyah brokoli 3kg sehari? 😀

Tinggi nya konsumsi susu di suatu negara akan meningkatkan angka rata2 BMD namun sekaligus juga meningkatkan rata2 kejadian osteopeorosis di negara tsb.

So pilihannya di kita semua...masih mau percaya sama iklan?
Susu memang menguntungkan...bagi korporasi tentunya... 😊

Nah hubungannya osteoporosis dg plantar fasciitis?
Tulang mengeluarkan calsium berlebihnya nyasar...itu kata mas erik
(Masih ada pertanyaan knp sampai nyasar? Ga pake waze sih) 😉
Dikeluarin di telapak kaki u kasus gw...shingga otot2nya terganggu...makanya otot fascia gw ga kuat ketika gw paksa jalan cepat dan tdk didukung oleh spatu yg baik pula. Ditambah ga ada olahraga rutin yg gw jalananin..yoga udh libur 2-3bulan ke blkg. 
Gw inget belakangan emang udh sering sakit tapi ilang sendiri...ada 2bulanan terakhir..
Nah sptnya puncaknya abis jalan cepet buru2 di kokas, rania minta eskrim sambil nungguin abang kelar main timezone. Kita aga lari2 kecil...dan gw emang pke flatshoes yg bener2 teplek. Udah berasa sakit otot fascia gw, tapi pikirannya emang biasa bukan klo kita abis jalan cepet? Ntar juga ilang sendiri.. eh ndilala....

"Standing for prolonged periods and wearing shoes that do not provide the right type of arch support can also lead to connective tissue damage in the heel. The body attempts to repair the damaged tissue by delivering calcium to the affected region, but sometimes too much calcium begins to accumulate and this results in painful plantar fasciitis."

Nah terkumpul sudah teka tekinyah...knp nyasar ke sana...sbenernya ga nyasar juga...emang lagi benerin otot2 yg rusak...tapi at the sametime krn tubuh emang kelebihan kalsium dan kebetulan yg perlu itu otot kaki gw ya jadi keluarinnya di sini...nah  bukannya sembuh malah nambah sakit...maunya repair tpi calciumnya kebanyakan jadi ya rusak juga.

Knp gw sampe kelebihan calcium pdhal udh fc sekian tahun?
Ya lifestyle masa lalu jawabannya...ya spt anak 80an lainnya...(late70s tepatnya) gw dicekokin susu tyap pagi segelas gede ditambah setangkup burger (kadang pke keju) plus telor 1/2 mateng...kebayang kan? Ngerti bgt nyokap pengen gw sehat...tapi emang iklannya kuat bgt juga kan...? Not her fault juga sih..dr sini gw banyak belajar...ga mentah2 ngikutin kebiasaan2 lama...klo itu make sense ok gw terusin...klo ngga ya knp ga distop? *sometimesthismakesmelooklikearebbelliant
Tapi ya sadarnya baru2 ini juga..hiks..
Padahal nyokap sendiri ga doyan susu loh... 😉
Trus gw paling suka bawa bekel roti dioles unsalted butter.... which means another calcium intake.
Belum klo jalan2 minum susu lagi...sblm tidur kadang2 bikin kumis lagi...hangat2 bikin nyenyak tidur katanya....belum lagi mashed potatoe yg lezat bin ni'meh...pke susu kan?
Dan ini berlangsung sekian puluh tahun...gw sendiri berhenti konsumsi susu dan turunannya ya di umur awal2 30an...(maksudnya konsumsi rutin ya...sesekali ya ada)

Jadi ya kebayang kan penumpukannya spt apa... blm imbang sama fc yg gw lakuin..
Ya efeknya baru skrg deh...muncul yg aneh2.. hiks ..
Smoga belum terlambat untuk dibenerin...
At least to have a good quality and graceful life...jangan sampe nyusahin org...smoga...

Thanks smwa pihak yg udh lead gw u ngumpulin puzzle2 ini...
Dan semoga berguna...khususnya untuk anak2 kita spy mrk juga punya quality of life di hari tuanya...
Smoga juga bisa jadi pertimbangan orgtua untuk mengurangi susu sbg menu harian anak2..udh bukan 4sehat5sempurna lagi koq ..tapi gizi berimbang...banyakin buah segar aja yg aman...
Again ini baru salah satu...iya..salah satu loh dr sekian penyakit yg disebabkan oleh susu dan turunannya #kibulansusu kan?
Monggo cek #kibulansusu u penyakit yll nya..yg tanpa disadari gegara mahkluk ini...

Alhamdulillah juga sdh diperingati dg penyakit ini sama Allah...smoga generasi2 berikutnya lbh melek kesehatan timbang melek iklan yg notabene banyak ngibulnya demi kepentingan korporasi...

Sehat2 semua ya...amiiin
Ssst doain gw cepet bae yaa....dan bikin gw makin rajin yoga... *doyandisiksa 😉

R-lyn
Bunda dari Rayyan & Rania

Disadur bebas dari berbagai sumber

Excessive Calcium Causes Osteoporosis
http://www.4.waisays.com/ExcessiveCalcium.htm
The Calcium-hormones
http://www.4.waisays.com/hormones.htm
Heel Spur
https://paindoctor.com/conditions/heel-spur-pain/
Twitkul #kibulansusu @erikarlebang

Review: could Calcium cause Plantar fasciitis?
http://www.ehealthme.com/ds/calcium/plantar+fasciitis

15 comments:

  1. Terimakasih infonya mba,.. Semoga lekas pulih ya.. Izin share ya mba 😊

    ReplyDelete
  2. Aamiiin makasih doanya mba Inon...monggo kalau mau share.. smoga bermanfaat ya... 😊

    ReplyDelete
  3. thanks mba rlyn sharing nya yach,,,bener2 bikin melek,,,PR buatku berhentikan susu buat anak2 neh,,,udah jalan 2 minggu,,yg klas 1 SD masih sering merengut yg 3 thn mash sering dikibulan bikin susu se encer2nya krn masih sering ngamuk minta susu,,,hiiiiks tapi dari dari sampe besar, mending sekarang jgn sampe nunggu 30 thn ya,,,izin share mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya monggo...smoga sukses ya...anak2ku skrg ya minum susu ya sesekali aja..kaya minuman rekreasional lainnya...yg wajib ya jeniper tyap bangun tidur dan smoothies murni buah u sarapan...hehehe...
      Smoga anak2 kita sehat2 terus sampe dewasa nya ya...

      Delete
  4. Merinding bacanya. Sejak FC saya sudah blas berhenti minum susu (dalam gelas serius), tp pas cheating masih suka tuh makan makanan yg ada susunya. Tapi begitu baca ini, saya merinding, takut. Saya anak 80an yang tiap pagi dan malam minum susu, Mbak..serem yah! Mari Mbak, kita kenengin FCnya, semoga Mbak segera pulih yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin..makasih mba Beby...iya smoga kita sehat2 yaaa...

      Delete
  5. menarik :)), minta ijin comot linknya ya mbak, buat bahan artikel kesehatan saya di http://www.dokterforamen.com, kebetulan rencananya mau bahas tentang osteoporosis :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mas...spy banyak yg melek ga kemakan iklan ya mas....

      Delete
  6. Copaste komen dari teman fci di fb, kokoh Fransiscus Halim :
    Minggu lalu persis gw sakit di posisi yg sama kaya Erlyn R Amien

    Fc ud jalan 17 bulan...

    Gw pikir salah jalan ato keceklek..

    Ternyata oh ternyata..

    ~~mantan peminum "gf" low fat sehari 1 liter selama bertaun2 dimix pake protein shake gym..

    Well. Resiko perjuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fransiscus Halim ya ampun...emang yaa kita ga bisa lari dr perbuatan kita sendiri...ada harga yg harus dibayar untuk apapun yg pernah kita lakukan...kita pikir dg fc sekian lama udh bisa terbebas dr dosa lama (dulu sih rasanya bukan dosa ya)..naif bgt ya kita...
      Berarti food diary nya mesti dicek 10-20 thn ke belakang...spy bisa prediksi akibat2 yg akan timbul karenanya...
      Huwaaaa.....
      Sehat2 deh smwa....

      Delete
  7. Waduu maaf ini ibu2... Bisa pada salah kaprah nnti jadi musuhin kalsium gara2 artikel ini.

    Padahal ion kalsium sangat dibutuhkan oleh organ2 vital tubuh, misal otot jantung untuk kontraksi, otot tubuh lainnya untuk kontraksi, otak kita dalam menghantarkan sinyal saraf.
    Karena dibutuhkan dalam jumlah yang banyak, kalau dalam darah ion kalsium sedikit jumlahnya, kalsium akan diambil dari tulang sehingga menyebabkan kepadatannya berkurang.
    Kepadatan tulang berada di puncak saat usia 20 th-an. Setelah itu kepadatan tulang tidak akan bertambah, bisanya tetap atau berkurang. Kalau di darah jumlahnya cukup, tubuh tidak akan melepaskan ion kalsiumnya dari tulang. Sehingga semakin tua, kita butuh kalsium untuk membuat organ2 kita tetap bekerja optimal, bukan untuk menambah kepadatan tulang. Kepadatan tulang hanya bisa ditambah sampai saat usia sebelum 20 th-an. Yaitu minum susu sedari kecil. Kalau sudah tua, kepadatannya tidak dapat bertambah lagi.
    Bisa di search dari penjelasan grafik kepadatan tulang (bone density chart).

    Ada kemungkinan osteoporosis diakibatkan gangguan hormon estrogen dan parathyroid, selain itu akibat kurangnya vit.D yang bisa diakibatkan karena jarang terkena sinar matahari pagi.

    Jadi jangan anaknya ga dikasih susu bu, kasihan nnti kl sudah besar...

    Semoga bermanfaat tambahan infonya... :)

    ReplyDelete
  8. Smoga bisa mencerahkan...banyak mudharat nya drpd manfaatnya....so ngapain dipaksain?

    #kibulansusu vs HNP http://chirpstory.com/li/246784?page=2

    ReplyDelete
  9. Milk Might Not Save Your Bones, Study Says
    http://time.com/3545645/milk-bones-fracture/

    ReplyDelete
  10. Dangers Of Milk And Dairy Products - The Facts By Dave Rietz
    http://www.rense.com/general26/milk.htm

    ReplyDelete
  11. Milk Can Double Risk of Early Death
    http://m.nzherald.co.nz/lifestyle/news/article.cfm?c_id=6&objectid=11350046

    ReplyDelete