Thursday, February 26, 2015

Foodcombining dan penyakit2 gw

Foodcombining dan penyakit2 gw
testimoni FoodCombining - Erlyn R. Amien

Gw dulu pelanggan antasida dan punya GERD yg kronis, PCOS, migraen sampai memicu tekanan darah tinggi. :(
Sampai pernah masuk rumah sakit gegara dokter memberi obat flu (flu doank gitu looh...masih jaman kegelapan, obat2 yg diresepin dokter dg patuh tanpa cermat seleksi, buta lah, belon punya sense of RUM, rationale use of medicine)
Obatnya ternyata terlalu keras buat gw, padahal dokternya sudah mendampingi dg obat maag or asam lambung aka antasida. :(
Jadilah harus diopname, karena sama sekali tidak bisa makan dan minum, dada dan kerongkongan spt terbakar. Posisi tidak boleh rebah apalagi sujud.
Jadi di RS rebahannya dibuat aga tinggi, setengah duduk.
Asupan sehari2 hanya infus protein.
Kacau banget deh.
Memang lambung gw sensitive banget rasanya waktu itu...ga bisa minum soda sedikit aja atau vitamin C dosis 500mg...bisa pingsan. Waktu mau resepsi dikasih C*R sama nyokap spy kuat katanya, lupa juga beliau klo gw ga bisa minum gituan. Dan gw pun juga ikut2an ga ngeh...main minum aja...akhirnya pingsan dan sadar2 sudah di gedung lagi dikipas2in tukang rias nya sambil pjiit2in gw….”mba bangun mba….mba harus dirias…” Glek!
Alhasil kata dokter, seminggu kudu istirahat...ga boleh disentuh….hahahaaaa…...

Selain itu migraen juga jadi penyakit weekend langganan. Klo kata suami gw..mall syndrome...emang sih klo nge mall ajaib migraennya bisa ilang...hahahaa….
Sampai2 puncaknya tahun 2009, tekanan darah tiba2 tinggi dan benar2 ga kuat. Bolak balik ke prof ahli syaraf. Antri nya sampai tengah malam...antriannya panjang banget bareng oma2 & opa2 stroke. Sambil mikir...gw umur segini kenapa antrinya bareng mereka….kacrut banget kesehatan gw...
Menurut prof syaraf itu, gw bukan terkena darah tinggi, tapi krn migraennya terlalu parah hingga memicu tekanan darahnya menjadi tinggi. Setiap berkunjung selalu dikasih hadiah injeksi di pangkal leher. Enak memang, tapi ya gitu, migraen datang lagi & lagi.
Sang prof nya memang bilang...ada  beberapa pantangan : no cheese, coklat, msg & garam. Dan semua makanan di Indonesia yg dijual dan berkuah dipastikan pakai MSG. Lebih aman bawa makan dari rumah.
Hmmm… dari situ sepanjang perjalanan pulang gw berfikir...knp ga makan sehat aja ya sekalian? Hmmmm tapi makan sehat itu spt apa ya?
Cari2 informasi...ke toko buku ketemu dg buku “Saya mau sembuh & sehat” nya dr. Tan Shot Yen dan buku “food combining” nya Andang Gunawan.
Gw lalap buku itu dan gw pikir...make sense...semua logic menurut gw.
Worth to try…dibanding sakitnya yg gw rasakan dan menjadi keterbatasan aktifitas gw.
Dulu masih belum raw, itu saja alhamdulillah banyak kemajuan dan gw bisa lepas obat dari dokter. Migraen, darah tinggi serta maag perlahan semakin membaik dan ga pernah kambuh.
Sejalan dg itu berat badan menyusut. Dari berat 48kg menjadi 42 kg. Dg tinggi 155 udah kerempeng, sampai2 dijuluki junkies.
Tak apalah yang penting badan sehat.
Kan menjadi kurus itu bonus.
Dan yang lebih bonus lagi….April 2010 gw hamil! Yeay…hamil kedua setelah 4 thn juga kosong. Dapet colongan berat badan nih...lumayan buat balikinnya...hehehe...
Hamil pertama dulu sampai 4 tahun nunggunya, bolak balik antri obgyn mpe tengah malem….masalahnya dulu gw PCOS.
Padahal udah rencana setelah migraen & darah tinggi beres mau mulai program hamil lagi…
Eh ndilala hamil yg kedua malah tanpa program dari dokter sama sekali. Hanya dengan makan sehat. Alhamdulillah….
Dan sejak thn 2012 sudah mulai memperbaiki juklak fc nya...lebih banyak asupan raw food nya...tapi protein hewani masih konsumsi nih..hehehe….
Jadi meskipun banyak ledekan dan ocehan nyinyir orang2….Gw tetap ber fc ria….toh waktu cheating tetap ada. Dan yg lebih penting yg ngerasain sehatnya kan gw sendiri...bukan mereka...klo gw sakit...apa iya mereka ikut ngerasain..palingan hanya prihatin… :)
Sekarang alhamdulillah anak2 sudah 6bln mengawali hari dengan jeniper dan sarapan buah. Walau makan siang & malamnya masih belum...Insya Allah pelan2 nanti…
yg jelas susu udah jadi minuman rekreasional di rumah, teh juga sudah ga pernah beli lagi, pun pemakaian gula sudah sangat amat menyusut.
Anggaran dialihkan ke buah2an dan sayur2an segar...…
Itupun alhamdulillah mereka jarang banget batpil...klo toh batpil ga lama.
PR nya skrg tinggal suami….walau udah jeniperan tapi sarapan buahnya masih belum maksimal….hehehe….

Dari foodcombining gw akhirnya berkenalan dengan hidroponik…bisa makan sayur dari kebun sendiri…*taela kebun..wong cuma secomot ajah....
alhamdulillah makin banyak dapet ilmu….

FYI,
banyak testimoni yg sembuh dari penyakit2 ringan spt flu maupun yg kronis spt Cancer….mereka semua konsisten dg juklak fc...ga usah ketat2 kecuali yg kronis ya….santai aja..enjoy dan nikmati hidup...bukan nyiksa badan ya, tapinya.
Jadi gw punya alasan sendiri knp gw masih fc...ya gw sendiri yg ngerasain impact nya koq… :)
Health conscious ya…Stay healthy semua…
.
BR,
R-lyn

No comments:

Post a Comment